Tabloid Pulsa || Qualcomm baru saja merilis data baru Snapdragon 820 yang menegaskan bila prosesor ini dibangun menggunakan proses manufaktur 14nm generasi terbaru. Apa dampaknya? Proses manufaktur 14nm 'next-gen' milik Snapdragon 820 disebut memakai teknologi Low Power Plus (LPP), berbeda dari proses 14nm generasi awal yang hanya Low Power Early (LPE).



Contoh prosesor yang dibuat dengan proses manufaktur 14nm LPE adalah Apple A9 dan Samsung Exynos 7420. Teknologi LPP dikatakan Qualcomm lebih canggih dan memberikan performa lebih tinggi dari teknologi LPE. Melihat fakta itu, tidak aneh bila Snapdragon 820 diklaim lebih hemat daya baterai dan mempunyai kemampuan pemrosesan data lebih tinggi ketimbang Apple A9 yang bersemayam di dalam iPhone 6s.

Di sisi lain, Snapdragon 820 juga mempunyai pesaing kuat, yakni Samsung Exynos 8890. Prosesor yang rumornya sudah masuk tahap produksi masal ini nantinya bakal menjadi otak Galaxy S7. Exynos 8890 juga akan dibangun di memakai proses manufaktur 14nm LPP Samsung.


Lalu, prosesor mana yang bakal merajai dunia gadget nantinya, Snapdragon 820 atau Exynos 8890? Hasilnya mungkin baru bisa diketahui tahun depan saat kedua prosesor sudah disematkan pada smartphone yang jadwalnya memang dirilis tahun 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top