Tabloid Pulsa || Tidak hanya sebagai penentu sejarah bangsa, pemuda memiliki potensi untuk merubah jalan sejarah dunia. Masih dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober lalu, Advan menangkap kehadiran generasi baru (netizen) yang tampil dengan perangkat "senjata" terkini untuk menyuarakan pendapat yang sesuai dengan pandangannya. Mereka memakai smartphone. Melalui ruang kreativitas "meme" yang dimediasi oleh teknologi Internet, Advan menjaring tagar #PemudaMasaGini sebagai bentuk kampanye sindiran yang bermakna ajakan untuk menghindari berbagai perilaku negatif para pemuda saat ini.

Semangat sumpah pemuda yang digulirkan Advan melalui media meme dengan tagar #PemudaMasaGini, telah mulai berkembang menjadi viral. Dari hasil pemantauan yang dilakukan Advan melalui hashtracking.com, sejak kampanye bergulir pada 28 Oktober sampai 3 November 2015, dilaporkan telah mendapat perhatian netizen di Instagram dengan jumlah reach 5.435.936 orang dan jumlah impression 5.436.120 kali. Mengacu pada data tersebut, kompetisi meme #PemudaMasaGini yang digelar pada 4-13 November 2015 telah mampu mencuri perhatian dan mengantongi respon cukup positif dari para netizen.  



Tjandra Lianto, Marketing Director Advan mengatakan, "Tidak semua pemuda Indonesia tergerus pada arus globalisasi yang negatif. Melalui teknologi Advan mengajak para pemuda untuk bisa kembali memaknai Sumpah Pemuda dan mengamalkan semangat perubahan yang sudah dicontohkan oleh para pemuda kita dulu".

Contoh meme #PemudaMasaGini
Contoh meme #PemudaMasaGini

Sedangkan menurut Dodi Sofiadi, praktisi media sekaligus Media Director salah satu agency di Jakarta, yang juga mewakili suara generasi baru Indonesia memandang bahwa dekadensi anak muda yang ditangkap Advan kali ini caranya sangat tepat. "Social Media kini seringkali dijadikan cara untuk menembus "kesempitan" pakem-pakem lama yang dinilai kurang relevan dengan tuntutan era kini yang serba efektif," ujar Dodi.

Pandangan tersebut sejalan dengan gaya komunikasi meme yang didalamnya membawa unsur budaya, replikasi dan respon. Replikasi meme berupa upaya untuk mereplika gambar dengan cara yang sederhana. Dari situlah tercipta sebuah alur komunikasi yang kemudian mendapatkan respon melalui platform internet. Sebagai bentuk budaya, meme bisa berbentuk macam-macam seperti gambar, tulisan video, musik dan lain-lain.

Meme pun bersifat fun dan mudah untuk dibagikan. Bahasanya yang singkat namun "in" mudah diidentifikasi dan menjadi cara berkomunikasi yang efektif sehingga lebih mudah disukai dan diterima oleh generasi baru era kini.   
Pada akhirnya, tujuan akhir dari adanya program kampanye Advan kali ini diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi perjalanan sejarah pemuda Indonesia. Social Movement yang menjadi misi besar Advan melalui digital kali ini diharapkan bisa dijadikan sebagai pemicu pergerarakan perubahan pemuda Indonesia ke arah yang lebih baik.



Berikut mekanisme Kompetisi Meme Advan #PemudaMasaGini
- Periode : 4 - 13 November 2015 (10 hari)
- Peserta : Seluruh Masyarakat Digital Indonesia
- Activity : Lomba Foto Meme
- Syarat dan Ketentuan :
 1. Follow / Like Social Media Advan
    a.FacebookAdvan Community
    b.Twitter @Advan_ID
    c.Instagram @AdvanIndonesia
 2. Tag Foto meme kamu ke salah satu social Media Advan (Facebook, Twitter, Instagram)
 3. Foto menggunakan Smartphone kamu , sebuah momen darikarakter / Sifat pemuda yang seharusnya tidak dilakukan.
 4. Gunakan Hashtag #PemudaMasaGini pada Meme dan berikan Caption kalimat positif yang harus dilakukan pemuda.
- NO SARA!!
- Pemenang dipilih berdasarkan Meme yang paling bagus dan bermakna
- 3 Orang Pemenang yang beruntung akan mendapatkan 1 buah Advan S50F

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top