Tabloid Pulsa || Belum lama ini Zerodium, perusahaan keamanan internet, menggelar sayembara berburu 'Bug" istilah lainnya hacking iPhone yang berjalan dengan iOS 9. Dan beberapa hari lalu, sayembara ini mendapatkan pemenang yang berhak atas uang 1 juta dolar atau setara dapat hadiah Rp 15 miliar.





Sayembara Zerodium memiliki beberapa syarat yang membuatnya sangat sulit untuk dimenangkan, misalnya hacker hanya boleh melakukan aksi peretasan melalui browser atau pesan singkat (SMS).
Namun, lewat kicauan Zerodium, pihaknya telah menemukan tim hacker yang sukses menuntaskan sayembara tersebut. Pemenangnya adalah sebuah grup hacker yang dirahasiakan namanya oleh Zerodium.
"Sayembara #0day iOS kami telah selesai dan sudah ada tim pemenang yang mampu melakukan #jailbreak menggunakan browser pada iOS 9.1/9.2b (unthethered). Selamat!" tulis Zerodium di akun Twitter resmi mereka.
Tim hacker tersebut telah melakukan jailbreak iPhone yang berjalan dengan iOS 9.1 dan 9.2 menggunakan media browser. Jailbreak sendiri sejatinya adalah proses menghilangkan batasan akses iPhone yang dimiliki oleh iOS 9. Aksi ini membuat pengguna bisa mendapatkan akses penuh atau root access ke sistem operasi dan memungkinkan perangkat memasang aplikasi dari luar Apple App Store.



Rencananya, pihak Zerodium tidak akan mempublikasikan kerentanan yang memungkinkan aksi hacking iOS 9 itu ke Apple atau publik. Perlu diketahui bila Zerodium bisa mendapat uang yang sangat banyak bila menjual informasi hacking iOS 9 ke pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Kira-kira apa yang bakal dilakukan Apple pasca pengumuman Zerodium ini?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top