"Tips & Trik Aman" Menghapus Data di Android

Hal terpenting sebelum menjual ponsel atau tablet Android adalah dengan menghapus seluruh data yang tersimpan didalamnya. Untuk memastikan agar informasi dan foto pribadi Anda tidak bocor, melakukan factory reset setting tidaklah cukup. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Avast, factory reset setting saja tidaklah cukup untuk melindungi informasi kontak dan foto pribadi Anda dari risiko kebocoran. Dengan metode tertentu, seluruh informasi dan data yang sudah terhapus tersebut dapat dikembalikan. Lalu langkah apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut? Simak tulisan berikut:



1. Silakan buat PIN atau password lebih dulu dengan masuk ke security->screen lock. Pastikan Anda mengingat password atau PIN yang telah Anda buat karena setiap kali ponsel dinyalakan, Anda akan diminta untuk mengetikkan Password atau PIN tersebut.

01 6

2. Selanjutnya masuk ke security-> encrypt phone untuk melakukan enkripsi memori internal ponsel Anda. Proses enkripsi storage akan memakan waktu bervariasi tergantung kapasitas storage perangkat milik Anda. Pastikan daya baterai Android Anda terisi penuh dan dihubungkan ke pengisi daya untuk menghindari interupsi karena kehabisan daya.

02 7

3. Setelah selesai, silakan jalankan factory reset dengan mengunjungi setting ->back up & reset-> reset factory setting.

03 7

4. Untuk memastikan data yang telah Anda hapus tidak dapat dikembalikan, silakan isi lagi Android Anda dengan data lain yang tidak penting hingga penuh kemudian lakukan enkripsi lagi dengan mengulangi langkah diatas. Dengan mengisi lagi Android Anda dengan data lain, maka data tersebut akan menimpa jejak data sebelumnya sehingga makin sulit untuk dikembalikan.

04 7

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top