Hal ini menjadi perhatian serius Sony Mobile untuk memperluas pangsa pasarnya. Setelah sukses dengan Xperia C3, Sony kali ini meneruskan rangkaian smartphone ProSelfie-nya dengan Xperia C4. Resolusi kamera depan yang digunakan untuk mendukung aktivitas selfienya boleh dibilang kalah oleh kompetitornya, namun yang menarik dari smartphone ini adalah keberadaan LED flash yang mendukung kamera depannya. Sehingga penikmat selfie tidak perlu khawatir untuk berselfie ria di tempat yang minim cahaya.
Smartphone ini hadir dalam 2 varian, yaitu single SIM dan Dual SIM. Kali ini PULSA berkesempatan menguji varian Dual SIM dari smartphone ini.


DESAIN
  
150.3 x 77.4 x 7.9 mm; 147 g; Unibody design; Camera Shutter Button
  
Xperia C4 sedikit keluar dari pakem Omni Balance dengan tidak lagi mengusung konsep simetris segala sudut seperti seniornya, sehingga membuat smartphone ini memiliki ukuran yang lebih pendek jika dibandingkan dengan Xperia C3, namun tetap terlihat bongsor.

Xperia C4 Dual hadir dengan frame yang melengkung dan sudut nilon kokoh yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat terjatuh. Walau secara keseluruhan bermaterial plastik, smartphone ini terasa nyaman di tangan dan memberikan kesan premium. Bobotnya ringan, sehingga memberikan keseimbangan tersendiri sesuai dengan ukurannya.

Body C4 Dual  3 Images Data 2015 Oktober Thumb Other400 0Body C4 Dual  1 Images Data 2015 Oktober Thumb Other400 0Body C4 Dual  2 Images Data 2015 Oktober Thumb Other400 0
Hadir dengan desain unibody, penempatan seluruh panel/tombol serta slot khusus ada di sisi bodi. Slot SIM card dan MicroSD berkumpul dalam 1 panel di sisi kanan atas. Selain itu, di sisi kanan juga berkumpul tombol akses Power dan Volume, serta tombol shutter kamera. Sementara port USB dapat ditemui di sisi kiri, dan port audio jack 3.5mm di sisi atas.

Untuk mempermudah mereset smartphone ini jika suatu saat terjadi hang, Sony menyediakan port akses berupa lubang kecil di sisi slot SIM card dengan tanda 'OFF'.
DISPLAY
  
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 5.5 inches, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi); Scratch-resistant; Sony Mobile BRAVIA Engine 2
  
Bodi bongsor Xperia C4 Dual ini sejatinya karena memang smartphone ini mengusung layar dengan bentang diagonal 5,5 inci. Dengan layar yang lebar, Sony dengan pintar membekali layarnya dengan resolusi Full HD 1080x1920 piksel, sehingga smartphone ini hadir dengan kerapatan piksel 401 ppi.

Berbekal layar dengan teknologi IPS, membuat sudut pandang pada smartphone ini terasa luas, sehingga nyaman untuk dilihat dari berbagai sudut. Selain itu, dengan teknologi BRAVIA Engine 2 yang disandingkan dengan layar Full HD smartphone ini mampu menghadirkan kejernihan serta ketajaman gambar dan warna terbaik di kelasnya.

Display
Selain dibekali dengan Adaptive Brightness, smartphone ini juga dibekali dengan Glove Mode yang membuat smartphone bisa diakses dengan lancar meski Anda menggunakan sarung tangan. Dengan mengaktifkan Smart Mode pada sub menu Screen Rotation, Anda bisa menghindari kejadian layar berotasi secara otomatis saat Anda tidak menginginkannya, karen fitur ini akan menyesuaikan dengan bagaimana Anda menggenggam smartphone ini. 

OS DAN INTERFACE
  
Android Lollipop 5.0
  
Antarmuka yang dibawa oleh Xperia C4 bersandar pada sistem operasi Android Lollipop 5.0 yang disajikan dengan . Dari pengamatan PULSA, tampilan Homescreen dan App Drawernya masih familiar dan khas seri Xperia.

Di homescreen, pengguna akan disuguhkan shortcut aplikasi dan widget What’s New yang menawarkan aplikasi dan game (termasuk game PlayStation) terbaru. Secara default, terdapat  5 panel homescreen yang bisa ditambah sampai 7 panel dan bisa disesuaikan oleh pengguna. Anda juga dengan mudah bisa mengganti wallpaper, menambahkan widget dan aplikasi, serta menerapkan Themes.

OS Interface
OS Interface2

Dengan menyapukan jari dari atas layar ke bawah, seperti biasa akan ditampilkan Notification Drawer dengan gaya Android Lollipop, serta beberapa tombol virtual Quick Setting seperti WiFi, sambungan data operator, rotasi layar, Bluetooth dan sebagainya. Anda dapat menyesuaikan tata letak Quick Setting dengan mudah. Selain itu ada slider untuk mengatur kecerahan (brightness) layar. Serta tersedia button User yang dapat digunakan untuk berpindah mode sesuai kebutuhan pengguna.

OS Interface3
OS Interface4
Sony membekali smartphone ini dengan fitur Small Apps yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam tampilan mini windows, seperti Active Clip, Browser, Bookmark Chrome, Calculator dan lainnya. Small Apps bisa diakses melalui Recent Apps.

Tampilan di menu Settings dibuat flat dalam balutan material design. Selain mudah dioperasikan, juga memberikan rasa nyaman bagi mata saat bermain-main dengan pengaturan smartphone ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top