Kali ini saya akan membagikan Trik Memanfaatkan Penyimpanan Cloud Storage di Android.
Dengan diintegrasikannya layanan penyimpanan awan Google Drive ke perangkat Android, pengguna kini bisa memastikan seluruh data yang tersimpan di ponselnya dapat pula diakses dari perangkat lain. Selain membantu mengamankan file penting, Google Drive juga memiliki fungsi berbagi dan kolaborasi yang dapat membantu kelancaran Anda dalam menyelesaikan tugas baik untuk Anda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah maupun yang sudah bekerja. Simak lebih lanjut fungsi dan cara mendapatkan manfaat maksimal dari Google Drive dalam tulisan berikut:
1. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di seluruh perangkat Android yang Anda miliki.
1. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di seluruh perangkat Android yang Anda miliki.
2. Agar dapat mengakses dokumen dari seluruh perangkat yang Anda miliki, pengguna harus menginstal Google Docs, Google sheets dan Google Slides lebih dulu dari Play Store. Ketiga aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang sama dengan Microsoft Word, Excel dan Power Point.
3. Dokumen yang Anda buat atau edit selanjutnya akan disimpan oleh Google Drive serta dapat Anda akses dari perangkat manapun yang terhubung ke akun yang sama.
4. Untuk mengamankan foto dan video penting dalam perangkat Android Anda, pengguna bisa memanfaatkan fasilitas auto backup dari Google+ yang ada pada setting aplikasi tersebut.
4. Untuk mengamankan foto dan video penting dalam perangkat Android Anda, pengguna bisa memanfaatkan fasilitas auto backup dari Google+ yang ada pada setting aplikasi tersebut.
5. Untuk mendapatkan ruang penyimpanan awan tanpa batas, Anda bisa memilih foto dengan ukuran standar pada resolusi 2048 piksel. Mengingat ukuran foto yang besar, pengguna bisa mengatur agar proses backup hanya dilakukan pada saat perangkat terhubung dengan jaringan Wi-Fi.
6. Jika Anda sedang mengerjakan sebuah tugas yang membutuhkan kertelibatan rekan Anda, pengguna bisa mengaktifkan fungsi kolaborasi Google Drive dengan lebih dulu menahan file untuk memilihnya dan melanjutkannya dengan add people.
7. Selanjutnya masukkan email rekan yang ingin Anda ajak kolaborasi serta tentukan otorisasi yang ingin Anda berikan. Anda bisa memberikan otorisasi kepada rekan Anda untuk mengedit, memberikan komentar atau sekadar melihat file yang Anda kolaborasikan.
8. Begitu ajakan kolaborasi diterima, maka setiap penyuntingan yang dilakukan oleh rekan Anda dapat langsung ikut disimpan ke akun Drive Anda sehingga proses pengerjaan tugas dapat berlangsung dua arah tanpa harus bertemu secara langsung. File yang Anda kolaborasikan dapat diakses oleh rekan Anda dengan melakukan tap pada ikon rak di sudut kiri atas dan memilih shared with me.
9. Untuk file dengan format lain, pengguna bisa melakukan back up secara manual dengan menginstal aplikasi file manager lebih dulu dari Play Store pada perangkatAndroid Anda. Jika perangkat Anda sudah memiliki file manager bawaan, Anda bisa melewati langkah ini.
10. Buka file manager Anda dan pilih file yang ingin Anda backup. Lanjutkan membagikan file atau share file tersebut dengan memilih aplikasi Google Drive. Berikutnya file akan diunggah ke akun Drive Anda sehingga dapat Anda akses dari manapun meski perangkat Android milik Anda hilang dicuri atau terjatuh di jalan.
0 komentar:
Posting Komentar